Menu

Kamis, 12 Juni 2014

CONTOH RPP SBK (SENI BUDAYA dan KETRAMPILAN)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Nama Sekolah : Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan Kelas/Semester : VI/ II Pertemuan Ke : I-2 Alokasi Waktu : 4 x 35 Menit SENI RUPA A. Standar Kompetensi 1.1 Mengapresiasi karya seni rupa B. Kompetensi Dasar : 2.1 Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain C. Indikator • Mengamati beberapa gambar/foto/model ragam hias batik Nusantara daerah lain • Mengidentifikasi ragam hias batik Nusantara daerah lain • Mengidentifikasi teknik dan bahan pembuatan batik D. Tujuan Pembelajaran Mengenal berbagai jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ), Ketelitian (carefulness), Kerja sama (Cooperation), Percaya diri ( Confidence ) E. Materi Ajar Jenis motif hias. F. Metoda Pembelajaran 1. apersepsi (pengamatan) 2. ekspositori (menerangkan) 3. tanya jawab 4. latihan G. Langkah-langkah Pembelajaran Kegiatan awal Melakukan pengamatan gambar/foto/model berbagai motif hias Nusantara Kegiatan Inti § Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru:  peserta didik dapat Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain  Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain  Mengeksposisi keragaman motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. § Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru:  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik. § Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru:  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru  Memberikan latihan soal  Memberikan soal Pekerjaan Rumah  Menutup pelajaran H. Alat/Bahan dan Sumber Belajar • Buku paket SBK standar isi 2006 • Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo • Model karya seni rupa tiga dimensi • Gambar atau foto I. Penilaian Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen/ Soal • Mengamati beberapa gambar/foto/model ragam hias batik Nusantara daerah lain • Mengidentifikasi ragam hias batik Nusantara daerah lain • Mengidentifikasi teknik dan bahan pembuatan batik praktek praktek Buatkan gambar/foto/model ragam hias batik Nusantara daerah lain Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10. @ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial. Mengetahui, Kepala Sekolah Wali Kelas VI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar