Kamis, 12 Juni 2014
CONTOH RPP SBK (SENI BUDAYA dan KETRAMPILAN)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester : VI/ II
Pertemuan Ke : I-2
Alokasi Waktu : 4 x 35 Menit
SENI RUPA
A. Standar Kompetensi
1.1 Mengapresiasi karya seni rupa
B. Kompetensi Dasar :
2.1 Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain
C. Indikator
• Mengamati beberapa gambar/foto/model ragam hias batik Nusantara daerah lain
• Mengidentifikasi ragam hias batik Nusantara daerah lain
• Mengidentifikasi teknik dan bahan pembuatan batik
D. Tujuan Pembelajaran
Mengenal berbagai jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ), Ketelitian (carefulness), Kerja sama (Cooperation), Percaya diri ( Confidence )
E. Materi Ajar
Jenis motif hias.
F. Metoda Pembelajaran
1. apersepsi (pengamatan)
2. ekspositori (menerangkan)
3. tanya jawab
4. latihan
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan pengamatan gambar/foto/model berbagai motif hias Nusantara
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
peserta didik dapat Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain
Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain
Mengeksposisi keragaman motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
Memberikan latihan soal
Memberikan soal Pekerjaan Rumah
Menutup pelajaran
H. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
• Buku paket SBK standar isi 2006
• Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
• Model karya seni rupa tiga dimensi
• Gambar atau foto
I. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen/ Soal
• Mengamati beberapa gambar/foto/model ragam hias batik Nusantara daerah lain
• Mengidentifikasi ragam hias batik Nusantara daerah lain
• Mengidentifikasi teknik dan bahan pembuatan batik praktek praktek Buatkan gambar/foto/model ragam hias batik Nusantara daerah lain
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala Sekolah Wali Kelas VI
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar